Monday 16 April 2012

Wine Mitos dan Fakta


Wine baik untuk kesehatan ?
Wine bermanfaat bagi  kesehatan jantung?????

Iya benar sekali……maslah ini sudah lama di teliti namun baru booming sejak  Dr.Serge Renaud direktur French National Institute Health and medical Research memperrnalkan yang namanya istilah “ French Paradocx “ dalam sebuah acara wawancara dengan program televise CBS 60 Minutes ..
Ada perbedaan aneh antara penduduk Perancis dengan penduduk Amerika yang sama – sama mengonsumsi lemak jenuh , sama – sama kurang berolahraga , dan sama – sama perokok dan sama – sama Negara yang berpenduduk tinggi.yang kesemuanya itu merupakan factor penyebab penyakit kardiofaskuler atau penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah di jantung
Perbrdaanya adalah pada tingkat kematian yang di sebabkan oleh penyakit kardiovaskuler di Negara Perancis hanyalah sekitar 36% jauh lebih rendah dari pada di Amerika yang mencapai 75% ,kesemuanya ini di sebabkan oleh tingkat konsumsi wine di Negara Perancis lebih tinggi dari pada di Negara Amerika , tingkat konsomsi wine di Perancis mencapai 60 liter / orang / tahun sedangkan Amerika hanya mencapai 7,7 liter/orang /tahun
Menurut penelitian yang telah banya di lakukan ,konsumsi red wine dalam jumlah yang moderat mampu mengurangi jumlah kolesterol yang jahat (LDL ) dan meningkatkan jumlah kolesterol yang baik (HDL ) serta mengurangi dan mencegah penyumbatan dalam pembuluh darah di jantung. Konsumsi wine secara moderat dan teratur juga diyakini mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler hingga 50 %.. dan ini semua di karenakan adanya senyawa fenolat yang terdiri dari antosianin dan tannin, yang merupakan antioksidan kuat yang banyak terdapat di luar kulita buah anggur
So.... red wine akan lebih baik dari pada white wine bagi kesehatan jantung?
Yak benarrrrr…….
Ini semua di karenakan proseses pembuatan red wine banyak menggunakan kulit ,biji n dan tangkai dari pada buah anggur, sehingga red wine mengadung lebih banyak mengadung senyawa fenolatnya dari pada white wine

Tapi sebenarnya knapa ngga makan buah anggur aja sekalian ya?
Hehe..itu di karenakan suhu dan PH dalam perut kita tidak dapat secara maksimal mengektrak senyawa fenolat tersebut, justru proses fermentasi dan maceration ( proses pencelupan kulit dan biji anggur kedalam jus buah anggur ) yang dapat secara optimal mengekstrak antioksidan tersebut dari buah angur

Dari tadi di sebutkan jumlah moderat untuk mengkonsumsi wine ,bener kan? Nah sebetulnya tuh seberapa banyak sih yang di maksut minum wine secara moderat?
Nah klo di tanya yang ini agak sedikit repot di karenakandi tiap buku dan referensi penelitian yang kit abaca sering kali berbeda – beda tentang jumlah jumlah yang tepat untuk mengakomodasi kata moderat tersebut , gini aja deh saran yang paling konservatif adalah 1 gelas per hari dengan asumsi 1 gelas = 4 ounces ,tetapi ada juga yang menyarankan sampai 4-5 gelas perhari hehehe…kalo menurut saya ini sudah lebih dari setengah botol ya nggak?
Kalo boleh saya sarankan sih sebenarnya yang perlu di ingat adalah asumsi berat badan kita , pola diet harian kita ,kondisi tubuh, dan ras . nah oleh karena itu sebaiknya kita jangan asal menelan mentah apa yang di sarankan oleh banyak buku tentang standard konsumsi wine secara moderat tersebut …ya nggak ?
Sebagai contoh lagi adalah orang yang tidak biasa minum wine , reaksinya terhadap asupan wine tentu akan berbeda dengan orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi wine .trus orang sehat tentu berbeda dengan orang mengidap penyakit tertentu,so jangan sembarangan minum wine dehh…hehe.
Sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum memutus kan unruk mengkonsumsi wine secara moderat untuk alas an kesehatan anda …..
Pada intinya minumlah wine secara bertanggung jawab dan bersikap dewasa , , wine seharusnya adalah untuk di nikmati bukan untuk mabuk – mabukan…ingatlah mabuk adalah salah satu indikasi bahwa anda sedang mulai merusak tubuh anda sendiri..

Benarkah ada orang alergi terhadap wine ?
Klo lebih tepatnya sih alergi terhadap alcohol …bener ga?
Memang ada beberapa orang alergi terhadap alcohol , jika anda mengidap alergi jenis ini jangan sekali- kali mencoba minum wine ,spirit , liquer ,tuak, beer ,ciu , cangkol atau apalah namanya ,atau tape yang sudah mulai mengandung alcohol , Karena sudah pasti anda akan mengalami efek yang uruk karena semuanya itu mengandung alcohol…..bahaya!!!!!!!!!!!!!!!

Trus apakah wine bebas di konsumsi oleh semua orang?
No.. no.. no…
Minum wine secara moderat memang sudah terbukti baik bagi kesehatan jantung , namun “alcohol abuse”minum alcohol secara sembarangan justru akan merugikan kesehatan anda.
Konsumsi alcohol berlebihan justru akan merusak fungsi organ hati ( hiii…ngeri ya…nyesel deh jaman dulu paling jago minum hehe..) sampai tinggakt tertentu kerusakan ini sudah tidak dapat di perbaiki lagi kecuali si penderita melakukan cangok hati..alkohol juga bisa mengkikis kadar vitamin A dan vitamin B dan C , magnesium , serta seng dalam tubuh anda jadi oarng yang minum wine haruslah memunyai pola makan yang bagu pula, serta banyakl berolah raga ,dan istirahat yang cukup   you know…….

Klo orang dengan penyakit asma bagaimana???
Terdapat suatu zat di dalam wine yang di sebut “ sulfit ” yang merupakan produk turuna dari sulfur ( belerang ) zat ini timbul sebagai produk sampingan dari proses pembuatan wine yaitu fermentasi…dan sulfit ini bisa jadi muncul pada wine karea factor sengaja untuk zat pengawet pada wine…nah lo brarti wine ada zat pengawetnya dong? Jawabnya adalah iya….akan tetapi pengawet ini adalah pengawet yang aman bagi tubuh…dan sekarang winery – winery ( pabrik wine  ) mulai mengurangi menggunakan sulfit untuk pengawet wine, untuk penggunaan sulfit ini di setiap Negara penghasil wine selalu di batasi dengan undang – undang Negara masing – masing…jadi tenang aja masih aman kok kecuali memang pada orang yang alergi terhadap zat yang satu ini…woke..?

Woke dechhh sealin asma penyakit apa lagi yang harus berhati – hati terhadap wine?
Adalah penyakit diabetes….nahh lo….
Iya memang harus berhati –hati bagi kita yang mengidap penyaki ini karena beberapa dari jenis wine terutama dalah yang tipe sweet winememiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehinggan bisa menimbulkan efek yang buruk terhadap si penderita.

Trus apalagi ya emmmm tik tok tik tok….????
Ooooiya orang yang kecanduan alcohol, sebaiknya hindari alcohol dalam bentuk apapun termasuk wine..
Berarti klo kita tidak mengidap semua tersebut , kita boleh minum wine ????
Eitttssss…. Tunggu dulu..
Semisal anda sedang hamil jangan minum wine dan katakana tidak sama semua jenis minuman beralkohol….trus anda yang sedang nyetir sebaiknya jangan minum alcohol.( apalagi mobil pinjaman..wahhh gawat tuhh ) ,sedang menjalankan alat – alat berat ,trus juga aktifitas – aktifitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi sebaiknya jangan mengkonsumsi alcohol..contohnya lagi nembak pacar hehe ataumalam mau melamar pacar untuk di jadikan istri….tp untuk memutus pacar gimana????
Trus yang berpenyakit kantong kosong,,,nah untuk yang ini saya sarankan jangan coba – coba mau minum wine …mahal bokkk hehe…

Wokeyyy….saya akan memenuhi syarat – syarat tersebut, tp bagaimana caranya supaya minum wine tidak sampai mabuk?
Yang pertama control seberapa banyak anda akan minum wine ,jangan ceroh ,jangan tergoda setan untuk terus minum wine ,jangan minum dalam keadaan perut anda kosong, karena dengan perut yang kosong efek alcohol akan cepat sekali menjalar ke kepala .coba minum susu terlebih dahulu sebeluk minum wine karena asam laktatdi dlam susu mampu mengurangi efek alcohol di dalam lambung..akan idel sekali jika anda juga banyak makan serat , lemak dan karbohidrat selama minum wine , minumlah banyak air sebelum selama dan sesudah minum wine untuk menghindari dehidrasi dan sekaligus menekan jumlah total kadar alcohol di dalam tubuh…

Pertanyan terakhir nehh….
Hangover apaan sih tuh…? Atau mabuk? Atau mendem? Jackpot ?Hehee sebenarnya apa sih tuh?
Adalah kondisi badan yang terasa tidak enak ,serasa melintir semua ,puyeng serasa seluruh isi dunia ini selalu berputar , sakit kepala , mual yang di sebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi alcohol, ini adalah efek yang di timbulkan oleh terlalu banyaknya racun yang telah masuk ke dalam tubuh kita dan di perparah lagi karena dehidrasi…..makanya jangan coba- coba dehhh…mending minum jus lebih segerrr…ya nggak?

Trus kalau semisal sudah terlanjur minum dan mengalami hangover bagai mana?
Setiap orang mempunyai referensi berbeda – beda dalam mengatasi hal ini.
Ada yang minum aspirin , makan pisang ,telur ,atau minum air putih yang banyak ,atu minum jus buah yang banyak…nahhhkan dari pada repot – repot kayak gitu..mending ga usah minum aja. Apa lagi minum  hanya supaya di kira keren atau biar keliatan macho wkwkk……salahh tuh..

Ada yang bilang kalu wine semakin tua semakin baik
Bener ga tuh?....ckckkkk…
Hal ini tidak 100% bener dan malah mungkin berpotensi untuk merugikan kita , karena pada faktanya adalah kebanyak wine di konsumsi dalam keadaan masih muda masih fresh..
Untuk menyadari hal ini kita kita harus mengerti bahwa wine memiliki siklus hidup yang di mulai saat wine itu di botolkan hingga wine di anggap telah mati
                     
 




                               
Dari diagram diatas kita bisa melihat bahwa wine tidak memiliki keabadian .ada saat wine kehilangan seluruh pesonanya ,memang ada wine yang di simpan sangat lama bahkan sampai puluhan tahun .namun pada akhirnya wine – wine tersebut akan mati.jadi tidak sepenuhnya benar bahwa orang mengatakan wine kalo di simpan semaki lama maka wine terbut akan semakin baik.kekecewaan akan muncul dari ketidakmengertian akan hal ini.karena wine yang di simpan tidak terlalu lama justru akan lebih kaya akan aroma dan rasa serta karakternya akan lebih komplek
Tren terbaru dalam dunia pembuatan wine  justru mengarah pada tehknologi yang membuat wine sesegera mungkin untuk di nikmati ,sehingga konsumen tidakperlu menunggu lamadan menyiapkan wine cellar untuk sekedar menikmati wine kesukaanya.ynag berarti cash flow yang baik bagi produsen wine 

Wine semakin mahal semakin enak
Wahhhhh lebih ngawur lagi neh…hehe
Ini adalah mitos yang sangat keterlaluan ngawunrnya bener  ngga? Menuru saya sih sangat ngawur…coba enak saya dengan enak kalian pasti akan berbeda stadardnya kan?
Kata “ enak “ tuh kata – kata yang sangat personal ,sangat unik dan menurut saya setiap orang akan mempunyai preferensi yang berbeda – beda dalam mendifinsikan kata enak ini…
Oleh karena itu saya cenderung menggunakn kata “ baik “ untuk mebedakan wine enak dan wine baik ,
Salah satu contoh adalah di dalam bermusik ,seperti kita ketahui bahwa banyak sekali penggemar dari seorang Crisye (almarhum )karena lagu lagunya dan cara dia menyanyikan lagu – lagunya sangat khas ,tp kita tidak perlu memperdebatkan apakah lagu – lagu almarhum Crisye adalah lagu – lagu yang enak atau tidak , karena pasti juga banyak juga orang yang tidak suka terhadap lagu – lagu Crisye..betul ga? Iya kan? Demikina dengan wine bahwa wine yang mahal sudah pasti wine enak…ckckckkk…..sekali lagi enak adalah beda orang akan beda…karena enak itu adalah selera masing- masing. Belumtentu anda membeli wine yang mahal trus cocok dengan selera anda…
Lha trus wine yang bagaimana yang enak untuk anda ? sudah pasti wine yang sesuai dengan selera saya kan? Bener tohhhh?
Untuk lebih spesifik lg cobalah membeli macam - macam wine yang ada di pasaran maka anda akan menemukan pr4eferensi wine yang cocok dengan selera anda berdasarkan karakternya , aromanya ,rasanya ,style nyajenis anggurnyayang digunakan,…
Nahh lo,,,berarti bukan harus mahal untuk mendapatkan wine yang enak tuh…
Wokeyyyy….sudah cukup jelas sekarang kan tentang mitos – mitos di sekitar wine?
Nahhh…. jangan kemana – mana atau pindah ke blog yang lain ya …tetep aja di darmantokoya.blogspot.com

2 comments:

  1. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. silahkan meninggalkan link atau email anda di kolom - kolom komentar di bawah ini..

    ReplyDelete
  2. sumbernya tolong dicantumkan, karena saya tau ini dari bukunya bapak yohan handoyo 'rahasia wine'

    ReplyDelete