SERVICE
RULES
( Aturan Tata Cara Pelayanan di Bar )
By
Darmantokoya
Sama
seperti tuan rumah , bartender dan bar waiter mewakili citra atau image
hotel ,restaurant , atau perusahann di
mana mereka bekerja. Mereka harus bisa memberikan kesan yang baik bagi para
pelanggan ,karena jika pelanggan
puas , nama perusahaan tempat mereka
bekerja menjadi terangkat , jika itu terjadi operasional bar akan berjalan
lancer dan pemasukan bagi perusahanpun akan meningkat
Untuk
menunjang kualitas pelayanan bagi para tamu , bartender atau semua petugas di
bar harus menguasai aturan tata cara pelayanan minuman atau service rules yang
berlaku di bar
Ada tiga
service rules yang berlaku di bar , atara lain :
1. Aturan
pelayanan minuman secara umum ( general
service rules )
2.
Aturan pelayan minuman ke meja tamu ( service rule when serving beverage on the
guests table Aturan
pelayan minuman di bar counter ( service
rules when preparing and serving beverages on bar counter )
GENERAL SERVICE RULES
- · Menyambut setiap tamu yang dating ke bar
- · Jika bar dalam keadaan sibuk , berikan informasi kepada tamu yang baru dating untuk menunggu sebentar dan akan di layani dengan segera
- · Selalu mengingat minuman yang menjadia favorit tamu pelanggan , baik merek tertentu atau atau jenis campuran tertentu
- · Saat berkomunikasi dengan tamu jadilah pendengar yang baik, dan bila perlu tingkatkan pembicaraan dengan tamu agar tamu merasa betah
- · Jangan mencuri dengar pembicaraan tamu ,atau ikut campur pembicaraan antar tamu dengan tamu kecuali memang di minta
- · Saat berbicara gunakan nada yang sedang
- · Jangn terlalu sok akrab dengan tamu dalam pembicaraan dengan tamu
- · Jangan menguasai pembicaraan dengan tamu
- · Selalu berusaha mengingat nama tamu
- · Mendahulukan pelanggan wanita pada saat menyajikan minuman
- · Jangan adu argument dengan tamu yang dalam keadaan mabuk dan membuat onar , apa bila ada tamu yang berbuat onar langsung laporkan dengan segera kepada atasan atau lapor pada keamannan setempat
- · Bit farewell , ucapkan salam terima kasih pada semua tamu yang sedang meninggalkan bar
SERVICE RULES TO SERVE BEVERAGE ON THE GUESTS TABLE
·
Selalu menggunakan tray / baki dalam
mengantarkan minuman dari bar ke meja tamu
·
Menyusun minuman di atas baki dengan meletakan
gelas yang tinggi dan berat di tengah – tengah , sementara gelas yang pendek
dan ringan di letakkan dibagian luar nampan, saat membawanya nampan di lekatkan
dengan badan namun tidak menempel , untuk menjaga keseimbangan, gelas yang
pendek dan ringan di sajikan terlebih dahulu
·
Pada saat menyajikan minuman kepada tamu ,
yakinkan para tamu tahu dan mendapatkn apa yang mereka pesan ,hal ini untuk
mengindari insiden baju tamu kotor dan
basah di karena tumpahan minuman untuk
tamu di karenakan tamu menyenggol tray kit
·
Pada saat mengangkat gelas , pegang gelasa
bagian bawah , atau jika gelas itu adalah gelas berkaki ,peganglah pada kaki
gelas tersebut
·
Selalu menyajikan minuman dengan terlebih dahulu
di alasi coaster
·
Tersenyumlah saat menyajikan minuman ke pada
tamu , dan katakana pada tamu bahwa “
ini adalah …( nama minuman )……….dan katakan bahwa kita akan selalu siap membantu
·
Mengangkat segera ashtray yang sudah penuh
dengan puntuk rokok ( di dalam ashtray maximal terdapat 3 batang rokok )
·
Membersihkan meja tamudi karenakan minuman tamu
yang tumpah dengan menggunakn lap , dan bila perlu di akan di buatkan minuman
yang baru
·
Jika tamu sudah meninggalkan bar , segera
mungkin untuk membersihkan meja bekas dari tamu
SERVICE
RULES TO PREPARE AND SERVICE BEVERAGE ON THE BAR
- Berikut ini adalah langkah – langkah yang harus di perhatikan saat melayani tamudi barcounter bar
- · Mengingat urutan tamu yang memesan minuman dan dahulukan tamu yang memesan lebih awal
- · Selalu menggunakan coaster glass , stirrer , straw pada saat menyajikan minuman
- · Selalu menggunakan gelas yang telah didinginkan agar supaya kesegaran minuman bisa tetep di jaga
- · Pada saat menuangkan minuman dari botol ke gelas saji , yakinkan tamu meliahat bahwa merk minuman sudh sesuai dengan merek yang telah di pesan oleh tamu
- · Selalu mengembalikan botol kedalam rak yang semula
- · Menjaga agar semua bahan untuk garnish selalu segar dan bersih juga lengkap , garnish yang belum di pakai harus disimpan didalam bar caddy atau di dalam bar chiller agar tetep fresh
- · Biarkan buah cherry dan olive tetap terendam di dalam botolnya agar tetep segar
- · Apa bila ada gelas yang setengah kosong di bar counter atau di area bar yang lain ,usahakan selalu meyakinkan terlebih dahulu bahwa tamu tersebt memang sudah benar2 sudah pergi
- · Tidak di benarkan untuk mengaduk minuman yang mengandung CO2 karena akan merusak minuman yang bersangkutan
- · Apa bila seoarng bartender mengalami kesalahan dalam pembuatan minuman campuran , maka harus di ulang lagi
- · Selalu menggunakan gelas dan garnish yang tepat sesuai dengan resep yang telah ada
- · Apa bila ada salah satu ingrediant dari minuman campuran jangan pernah mengganti liqueur atao liquor yang akan di gunakan sebagai bahan minuman campuran tanpa sepengetahuan oleh tamu yang memesan minuman tersebut
No comments:
Post a Comment