Sunday 15 April 2012

SEJARAH WINE


Wine adalah minuman yang sejarahnya bisa di tarik sampai sekitar 6000 SM .Berasal dari daerah Messopotamia , wine kemudian menyebar keseluruh dunia . seperti banyak sejarah makan dan minum lainya, konon wine di hasilkan dengan tidak sengaja , di ceritakan pada suatu hari para wanita Messopotamia memetik buah anggur dan di kumpulkan dalam sebuah tong besar ,alhasil buah anggur yang berada  paling bawah tergencet dan pecah ,bersamaan dengan itu timbulah jus buah anggur  yang menggenang di bagian bawah tong tersebut.Jus buah anggur ini kemudian bercampur dengan ragi alami yang terdapat di bagian luar kulit buah anggur dan mengalami proses fermentasi alami, setelah beberapa hari kemudian maka abra kadabra…..jadilah sebuah minuman baru yang banyak orang bilang adalah wine …..hehe simple yah….ya begitulah terjadinya wine ketika pertama kali dalam sejarah manusia.
Wine kemudian menjadi popular dan menjadi alternative minuman yang aman untuk di konsumsi  karena saat itu diceritakan bahwa system air bersih belum sebaik sekarang .malah tak jarang orang mencampur wine dengan air putih untuk meningkatkan higenitas air tersebut. Tak heran jika kemudian orang menjadi akrab dengan minuman jenis ini dan menjadikanya bagian dari kuliner Negara – Negara penghasil wine utama di dunia .banyak kisah – kisah klassik yang menampilkan keberadaan wine dalam membuat warna tersendiri dalam kisah hidup manusia..

Dimulai dengan Nuh dan Perjanjian Lama, pada hingga Mesopotamia kuno dan Mesir, periode Yunani-Romawi, (dengan factoids pada botol anggur tertua di dunia) dan melintasi Atlantik ke New vintners Dunia,
Menurut Enclopedia & Wikipedia dikatakan bahwa :
Sejarah anggur rentang ribuan tahun dan erat terkait dengan sejarah pertanian, peradaban masakan, dan kemanusiaan itu sendiri. Bukti Arkeologi menunjukkan bahwa produksi anggur paling awal dikenal terjadi di Georgia sekitar 8.000 SM, dengan situs terkenal lainnya di Iran dan Armenia tertanggal 7.000 SM dan SM 6000, masing-masing  Bukti arkeologi menjadi lebih jelas dan poin untuk domestikasi gosip di situs Awal Zaman Perunggu di Timur Dekat, Sumeria dan Mesir dari sekitar milenium ketiga SM.
Bukti dari produksi Anggur paling awal di Balkan telah ditemukan di situs arkeologi di Makedonia, tanggal sampai 6.500 tahun yang lalu . Situs-situs yang sama juga mengandung sisa-sisa bukti di dunia awal anggur dihancurkan. Di Mesir , anggur menjadi bagian dari sejarah yang tercatat, memainkan peran penting dalam kehidupan upacara kuno. Jejak anggur liar yang berasal dari milenium kedua SM dan pertama juga telah ditemukan di Cina.
Anggur, terikat dalam mitos untuk Dionysus / Bacchus, adalah umum di Yunani kuno dan Roma,  dan banyak besar anggur-daerah penghasil Eropa Barat hari ini telah didirikan dengan perkebunan Funisia dan kemudian Romawi. Anggur teknologi pembuatan , seperti pers anggur, membaik pada masa Kekaisaran Romawi; varietas anggur dan teknik budidaya banyak dikenal dan barel dikembangkan untuk menyimpan dan pengiriman anggur .

Di Eropa abad pertengahan, menyusul jatuhnya Roma dan industri skala anggur produksi untuk di-ekspor, Gereja Kristen menjadi pendukung setia anggur yang diperlukan untuk perayaan Misa Katolik Sedangkan anggur dilarang dalam budaya Islam abad pertengahan, penggunaannya dalam Kristen persembahan anggur kpd dewa secara luas ditoleransi dan Geber dan Ahli kimia Muslim lainnya dirintis distilasi untuk tujuan pengobatan dan industri Islam seperti parfum, Anggur produksi secara bertahap meningkat dan konsumsi yang menjadi populer dari abad ke-15 dan seterusnya, hidup kutu Phylloxera menghancurkan 1870-an dan. akhirnya penetapan daerah berkembang di seluruh dunia.

Ahli biologi telah mencatat bahwa burung dan primata selalu tertarik dengan bau alami etanol yang dihasilkan oleh buah difermentasi ( anggur)

LAGENDA PENEMUAN :
 Alkitab mengisahkan  Nuh dan anak-anaknya memproduksi anggur di dasar Gunung Ararat. 
Satu kisahlagi melibatkan raja Persia legendaris, Jamshid dan haremnya. Menurut legenda, salah satu hareem raja telah di buang dan menyebabkan hareem tersebut menjadi putus asa dan ingin bunuh diri. kemudian Hareem tersebut pergi ke gudang dan mencari botol bertanda “racun” yang berisi sisa-sisa jus anggur yang dianggap masih bisa diminum. Tanpa diketahui jus anggur tesebut telah berubah menjadi minuman baru yang sangat menyenangkan .

Sebetulnya minuman yang dianggap racun tadi adalah jus buah anggur yang telah di buang begitu saja bersama botolnya kemudian mengalami fermentasi yang disebabkan oleh kerusakan buah anggur oleh ragi menjadi alkohol. Setelah minum racun yang tersebut Gadis harem menemukan efek menjadi menyenangkan dan semangatnya terangkat. Dia mengambil penemuannya dan diserahkanlah kepada Raja, seketika itu Raja menjadi begitu terpikat dengan minuman baru tersebut .
Kemudian ia tidak hanya menerima gadis itu kembali menjadi haremnya lagi, tetapi juga mendekritkan bahwa semua anggur yang tumbuh di Persepolis akan dikhususkan untuk di olah menjadi wine. Sementara sejarawan anggur melihat cerita ini sebagai legenda murni,
 
Saking panjangnya sejarah wine yang bersandingan langsung dengan sejarah kuliner dunia

Maka jangan pindah – pindah ke blog yang laen,…tetep di darmantokoya.blogspot.com


3 comments:

  1. terimakasih telah mengunjungai blob saya.....dan silahkan tinggalkan link atau email anada di kolom - kolom komentar di bawah ini...

    ReplyDelete