Tugas dan Tanggung Jawab Front Office

 


Tugas dan tanggung Jawab

Di bidang perhotelan, ada struktur organisasi di bagian front office yang bergantung pada ukuran bisnis, ukuran fisik, dan kebijakan pada masing-masing hotel. Jabatan tertinggi dalam front office adalah manager front office sebagai pemimpinnya.

Manager ini membawahi beberapa jabatan lagi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Divisi Reservasi

Tugas dari divisi ini adalah menangani permintaan dan pemesanan pelanggan untuk mendapatkan pelayanan. Biasanya disebut dengan staf reservasi.

2. Divisi Resepsionis

Staf resepsionis memiliki tugas dalam hal menerima tamu dan membantunya untuk registrasi berdasarkan pendaftaran yang sudah pelanggan tersebut lakukan.

3. Divisi Guest Service

Nama stafnya adalah guest staff, bell staff, atau disebut juga dengan concierge. Tugasnya yaitu membawa barang bawaan para tamu, mengirimkan surat kabar, menangani surat tamu hotel, membantu parkir mobil, dsb.

Semua pelayanan tersebut yang memberikan kepuasan bagi para tamu hotel karena dapat menikmati kemudahan dalam menginap disana.

4. Divisi Account

Jabatan front office berikutnya adalah divisi accounts yang terdiri dari staf kasir. Adapun tugasnya yaitu menangani transaksi pelanggan dan pembayarannya.

Kemudian, melakukan pelaporan kepada manajer akuntan.

Selain itu, tugasnya juga sama seperti yang sempat disinggung sebelumnya yaitu membuat laporan untuk pekerja shift malam ke bagian front office dan akuntan.

5. Divisi Komunikasi

Bagian terakhir dari front office hotel adalah divisi komunikasi. Stafnya disebut sebagai switchboard operator yang memiliki tugas dapat menangani komunikasi departemen yang ada di hotel agar terjalin kerjasama yang baik.

Selain itu, komunikasi ini juga dilakukan untuk menjalin dengan pihak pelanggan hotel.

WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? ðŸ”¥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
✅ Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
✅ Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
✅ Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
✔ Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
✔ Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
✔ Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik https://lynk.id/jobmate

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini https://lynk.id/jobmate


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar