Tugas dan tanggung Jawab
Di bidang perhotelan, ada
struktur organisasi di bagian front office yang bergantung pada ukuran bisnis,
ukuran fisik, dan kebijakan pada masing-masing hotel. Jabatan tertinggi dalam
front office adalah manager front office sebagai pemimpinnya.
Manager ini membawahi
beberapa jabatan lagi, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.
Divisi Reservasi
Tugas dari divisi ini
adalah menangani permintaan dan pemesanan pelanggan untuk mendapatkan
pelayanan. Biasanya disebut dengan staf reservasi.
2.
Divisi Resepsionis
Staf resepsionis memiliki
tugas dalam hal menerima tamu dan membantunya untuk registrasi berdasarkan
pendaftaran yang sudah pelanggan tersebut lakukan.
3.
Divisi Guest Service
Nama stafnya adalah guest
staff, bell staff, atau disebut juga dengan concierge. Tugasnya yaitu membawa
barang bawaan para tamu, mengirimkan surat kabar, menangani surat tamu hotel,
membantu parkir mobil, dsb.
Semua pelayanan tersebut
yang memberikan kepuasan bagi para tamu hotel karena dapat menikmati kemudahan
dalam menginap disana.
4.
Divisi Account
Jabatan front office
berikutnya adalah divisi accounts yang terdiri dari staf kasir. Adapun tugasnya
yaitu menangani transaksi pelanggan dan pembayarannya.
Kemudian, melakukan
pelaporan kepada manajer akuntan.
Selain itu, tugasnya juga
sama seperti yang sempat disinggung sebelumnya yaitu membuat laporan untuk
pekerja shift malam ke bagian front office dan akuntan.
5.
Divisi Komunikasi
Bagian terakhir dari front
office hotel adalah divisi komunikasi. Stafnya disebut sebagai switchboard
operator yang memiliki tugas dapat menangani komunikasi departemen yang ada di
hotel agar terjalin kerjasama yang baik.
Selain itu, komunikasi ini
juga dilakukan untuk menjalin dengan pihak pelanggan hotel.
WARNING !!!
SOP Front Office
Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang
🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? 🔥
Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel.
Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.
📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
✅ Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
✅ Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
✅ Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja
💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
✔ Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
✔ Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
✔ Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya
🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja !
Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik https://lynk.id/jobmate
Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.
SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU
Silahkan check di sini https://lynk.id/jobmate
🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang!
Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥
SELAMAT BELAJAR....
SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN
SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar