Pengertian dan Jenis- Jenis Amenities Hotel

 

Pengertian dan Jenis- Jenis

 Amenities Hotel 

Amenities adalah bagian penting dari fasilitas kamar yang tidak boleh diabaikan.

Lengkap atau tidaknya amenities yang tersedia akan menunjukan sesuai atau tidaknya sebuah hotel masuk di kategory bintang 3, 4 bahkan 5 sekalipun. 

Percaya atau tidak, calon tamu sebuah hotel sesaat sebelum melakukan reservasi amenities adalah hal yang paling sering di tanyakan oleh mereka. Karena hal ini akan mempengaruhi kepraktisan dalam menghinap di hotel nantinya.

Lalu apa sebenarnya amenities ini?

Pengertian Amenities

Amenities adalah bagian dari fasilitas yang ada di kamar hotel dan sengaja disediakan dengan tujuan agar tamu betah ketika mereka menginap di sebuah hotel.

Selama kita familiar dan sering menemukan benda-benda seperti sabun, shampoo, sisir, sikat gigi dan lain-lain dikamar, nah inilah beberapa contoh dari amenities tersebut.

Tapi sekali lagi itu hanya beberapa contoh saja, segala macam elektronik seperti televisi, AC, ketel listrik,mini bar dan lain-lain itu juga merupakan amenities.

Benda-benda inilah yang di harapkan memberikan pengalaman yang berkesan untuk tamu yang menginap.

Tentunya dengan memberikan kesan yang baik melalui amenities, tingkat kepuasan mereka akan fasilitas dan pelayan sebuah hotel akan meningkat.

Kenapa Amenities ini penting?

Saat ini banyak sekali hotel-hotel baru bermunculan dengan strategi – strategi yang mumpuni. Seperti yang kita bahas di awal, amenties ini adalah salah satu indikator calon tamu untuk memilih akan menginap dihotel mana. 

Jadi menyediakan amenities yang berkualitas dan mungkin berbeda dengan hotel-hotel lain bisa menjadi unique selling point yang membedakan antara hotel satu dengan hotel yang lain.

Jadi amenities adalah salah satu media yang bisa dijadikan sebagai marketing strategi oleh departement sales marketing ketika melakukan penjualan kamar.

Jenis-Jenis Amenities Hotel

Secara umum ada 3 jenis amenities yang mungkin sudah familiar juga buat kamu.

Apa saja?

Yuk simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Guest Room Amenities

Merupakan peralatan yang disediakan pihak hotel di ruang tamu, dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti diantaranya:

  • Map Folder (untuk tempat brosur hotel, peta lokasi, menu, SOP, dll)
  • Paper (untuk mencatat pesanan, no.telfon, dll)
  • Guest Comment (untuk memberikan review atau pendapat  terhadap hotel serta kritik dan saran)
  • Pulpen (untuk menulis di writing paper atau memo)

Room Service Amenities

  • Mug and tray
  • 2 Creamer
  • 2 tea
  • 2 coffee
  • 2 Tea spoon
  • 4 Sugar
  • 1 Mineral water
  • Box Coffee Maker
  • Chocolate
  • TV
  • Goblet
  • Minibar List
  • Red Label mini
  • Telephone
  • TV Chanel Program List
  • Memo pad
  • IDD Telephone
  • Newspaper
  • Laundry Bag
  • Laudry List
  • Laundry Basket
  • Mirror
  • Hangers
  • Sandal Hotel

Bathroom Amenities

Nah kalau yang satu ini biasanya kamu sering temuin di kamar mandi. Contoh :

  • Shower room
  • Toilet bowl sit
  • Wash basin
  • Mirror
  • Vanity lamp
  • Sabun
  • Hairdryer
  • Razor
  • 2 mineral water
  • Amenities box
  • 2 Shower cap
  • 2 Tooth brush
  • 2 Cotton bud
  • Sanitary bag
  • 1 Nail fail
  • 2 Shampoo
  • 2 Shower gel
  • 2 Body lotion
  • Sewing kit
  • Shoes shine
  • Tissue Box
  • Face Towel
  • Hand Towel
  • Bath Towel
  • Bath mat
  • Soap disk
  • Line Hanger
  • Tissue roll
  • Wastebasket

Amenities apa saja yang boleh dibawa pulang?

Nah sebagai tamu hotel, bukan hal yang tabu lagi ketika akan check out kita ingin membungkus beberapa amenities untuk dibawa pulang.

Ya kan?

Tapi pada dasarnya memang ada amenities yang bisa dibawa pulang dan ada yang tidak. Apa saja? Ini Contohnya:

  • Dental kit / pasta dan sikat gigi
  • Shower Cap
  • Mousturizer
  • Sisir
  • Cotton Bud
  • Sabun
  • Shower gel
  • Sampo
  • Kondisioner
  • Sendal hotel
  • Kopi dan teh
  • Air mineral
  • Stationery / pulpen dan notepad

Amenities yang tidak boleh dibawa pulang

  • Hair dryer
  • Handuk
  • Piyama mandi
  • Hanger
  • Setrika
  • Cutlery
  • Ketel listrik dan cangir
  • Lampu
  • Alarm
  • Lampu tidur
  • Kursi
  • TV
  • Telepon
  • Remot
  • Lukisan
  • Bohlam lampu
  • Bantal, sprei, bedcover


WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? 🔥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
 Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
 Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
 Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
 Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
 Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
 Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik https://lynk.id/jobmate

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini https://lynk.id/jobmate


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar