Saturday 7 April 2012

Pengetahuan Bar

1.     

SEJARAH PENGETAHUAN BAR
Sejarah pengetahuan bar pada mulanya berasal dari Amerika Utara, dimana bar mula-mula dikenal oleh masyarakat pada beberapa abad yang silam, kemudian dikenal dan disukai mengingat sifat-sifat serta suasananya yang lain dari pada yang lain.
Pada umumnya orang-orang sangat senang bertemu di Bar, berkumpul, membicarakan sesuatu sambil minum khususnya minuman keras. Sesuai dengan perkembangan Bar sekarang ini, Bar bukan saja sebagai tempat berkumpul atau sekedar untuk minum-minum, tetapi juga merupakan tenpat hiburan, tempat santai setelah seharian kerja, melepaskan dan menghilangkan ketegangan sambil mendengarkan musik baik secara tidak langsung (melalui tape, compact disc, piringan hitam) maupun secara langsung dari penyanyi, bahkan kita dapat berdansa di Bar tersebut.

2.      DEFINISI BAR
Difinisi bar adalah “Suatu tempat atau counter, dimana seseorang bisa mendapatkan pelayanan makanan dan minuman, baik yang mengandung alkohol maupun yang tidak mengandung alkohol.”
 Pada mulanya Bar dikenal dengan nama atau sebutan Tavern. Bar berasal dari kata “Barier” yang berarti sesuatu yang menghalangi, yaitu kayu pemisah antara pekerja Bar (Bartender) dengan tamu. Kayu pemisah atau penghalang tersebut dinamakan “Counter” , counter tersebut mempunyai fungsi lain yang dilengkapi dengan kursi tinggi yang disebut “Bar Stools”. Bars Stools dibuat sesuai dengan keinginan dan selera yang punya bar (Owner). Di Bar tersebut tamu dapat duduk santai memesan makanan dan minuman yang diinginkannya. Sebagai pemisah antara Bartender dengan tamu, counter juga bertujuan untuk menghindari tamu yang mabuk masuk ke dalam Bar dan mengambil minuman yang ada di Bar.

3.      LAY OUT (WUJUD PHYSIC BAR / BAR DESIGN)
  1. Bar Counter
Yaitu suatu penghalang bagian depan yang fungsinya sebagai pemisah antara tamu dengan pekerja bar dan biasanya dilengkapi dengan Bar Stools (kursi tinggi) didepannya untuk para tamu yang duduk. Tinggi Bar Counter yang ideal sekitar 110 cm.

  1. Space
Banyak bar yang mempunyai Space (jarak) terlalu kecil. Yang ideal adalah antara Bar Counter dengan Back Cupboard / Back Wall adalah 100cm sampai 125cm ini memudahkan jangkauan Bartender untuk mengambil sesuatu untuk keperluan operation seefisien mungkin.

  1. Flooring (lanai)
Bahan yang terbaik untuk lantai adalah yang mudah dibersihkan dan dikeringkan serta tidak licin, untuk menghindari kecelakaan kerja pada saat operation.

  1. Back Wall / Bar Display
Yaitu bagian yang berada di belakang counter yang berfungsi sebagai tempat menaruh dan memajang minuman (bottle display) serta gelas-gelas dengan pengaturan yang menarik dan atraktif.

  1. Glass Display / Hanger
Letaknya biasanya diatas counter, yang mana fungsinya untuk memajang (mendisplay) gelas. Biasanya hanya untuk gelas yang berkaki (stem glass), dimana gelas-gelas berkaki tersebut di gantung di hanger.

  1. Cocktail Station / Speed Rack
Yaitu tempat untuk menyimpan jenis minuman yang akan dijual. Pada umumnya adalah jenis Pouring Brand, serta dilengkapi dengan te,pat untuk menaruk juice, ice cube, garnish and sink untuk mencuci gelas, peralatan bar dan untuk mencuci tangan.

  1. Sink / Plumbing
Yaitu tempat untuk mencuci gelas serta perlatan bar yang kotor. Penempatannya biasanya disudut bar agar tidak terlihat oleh tamu yang duduk di counter.

  1. Drawer / Kabinet.
Yaitu tempat menyimpan stock minuman, barang-barang groceries dan keperluan lainnya setelah bar tutup.

  1. Chiller / Refrigeration
Yaitu tempat menyimpan minuman yang perlu didinginkan seperti : Beer, Wine, Champegne, milk serta buah-buahan.

  1. Cashier Desk
Yaitu ruangan dimana cashier membuat check atau bill, menerima pembayaran, dan mengerjakan tugas-tugas lainnya. Cashier Desk biasanya didalam Bar Counter ataupun berada di Hall area.

4.      MACAM-MACAM BAR

Menurut bentuknya
Terdapat bermacam-macam Bar menurut bentuknya :
  1. Memanjang berbentuk huruf I
  2. Berbentuk setengah lingkaran
  3. Gabungan setengah lingkaran
  4. Berbentuk lingkaran penuh
  5. Gabungan setengah lingkaran dan memanjang
  6. Berbentuk huruf L
  7. Berbentuk huruf U
  8. Berbentuk pulau (Island)

Menurut fungsinya
Bar dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
  1. Bar yang berdiri sendiri.
Didalamnya termasuk pengusaha yang bergabung dengan Nite Club, Discotheque, Café dan sebagainya yang berada diluar hotel.
  1. Bar yang merupakan fasilitas hotel.
Bar ini berada didalam hotel dan segala gerak, kegiatan, atau tindakan Bar tersebut dibawah naungan hotel, tetapi mempunyai fungsi yang sama.

Macam-macam bar menurut fungsinya adalah sebagai berikut :
  1. Publik Bar
Bar yang melayani penjualan minuman untuk umum, dimana Bartendernya dapat langsung berhubungan dengan tamu sambil membuat minuman.

  1. Service Bar
Bar yang letaknya berada dibelakang berdekatan dengan dapur/kitchen, serta room service suatu hotel, bartendernya tidak berhubungan langsung dengan tamu dan bar jenis ini tidak dilengkapi dengan bar stools.

  1. Snack Bar
Bar hanya menjual makanan besar dan minuman

  1. Mini Bar
Bar yang berada di dalam kamar hotel dimana minuman alkoholnya dalam bentuk botol kecil, yang ditata di atas meja yang dilengkapi freezer kecil untuk menyimpan minuman lainnya seperti beer, softdrink sehingga tamu dapat mengambil sendiri. Bar ini berada dibawah tanggung jawab Housekeeping Department.

  1. Pool Bar
Bar yang di area kolam renang disuatu Hotel (swimming pool). Penjualan minumannya tidak lengkap, terbatas pada beer, softdrink, juice, cocktail, juga disediakan beberapa macam snack. Untuk pelayanannya bartender dibantu oleh satu atau dua orang waiter / waitress. Gelas yang digunakannya biasanya gelas plastik.

  1. Portable Bar
Bar yang dapat dipindah-pindahkan atau dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya bar tersebut berupa counter yang diberi roda atau berupa gabungan dari beberapa meja yang digabung dan diatur sehingga membentuk suatu counter. Portable bar ini biasanya digunakan untuk party seperti : cocktail party, garden party dan lain-lain. Dan juga biasanya hanya melayani seperti soft drink, juice, beer atau jenis high ball saja.
  1. Sanken bar / Garden bar
Bar yang letaknya diluar atau diruangan terbuka (open air) seperti : di Garden (kebun).

  1. Expresso Bar
Bar yang terdapat di pelabuhan-pelabuhan laut dan udara. Berasal dari Italia dan menjual beberapa minuman disini justru diletakkan pada penjualan café atau ice cream.

  1. Private Bar
Bar yang berada /. Terdapat di rumah-rumah orang “The Have” atau orang-orang berada. Minumannya tidak selengkap di bar. Biasanya terbatas pada koleksi yang punya bar. Pelayanannya langsung ditangani oleh tuan rumah atau tamunya sendiri.

  1. Lounge Bar
Bar yang biasanya terdapat di dalam hotel tempatnya luas dan memanjang. Ruangannya tertutup dan dilayani oleh bartender dan beberapa waiter. Sangat cocok untuk tamu yang ingin relax, mendengarkan musik sambil menikmati minumannya.

  1. Bar dan Restaurant
Biasanya terdapat di kota-kota bentuk dan tampilannya seperti restaurant. Barnya terletak disudut restaurant dilengkapi dengan hiburan seperti band untuk mengiringi tamu-tamu yang sedang makan dan minum. Penjualan minuman disini lengkap dengan

5.      FASILITAS BAR
Fasilitas untuk tamu yang biasanya ada di bar :
-    Toilet
-    Public telephone
-    Ashray, paper napkin, snack
-    Parking area dan vallet parking
-    Car call
-    Air conditioner
-    Music dan hiburan lainnya.

BEVERAGE KNOWLEDGE

Categories Of Beverage
1.      Non Alcoholic Beverage
2.      Alcoholic Beverage

I.             NNon-AlcoholicBeverage
Adalah minuman yang tidak mengandung alcohol terdiri dari :

I.1.          Natural Mineral Water
Adalah air yang mengandung mineral dan berasal dari dalam tanah atau sumber mata air, yang mana mengalami proses seperti diolah dibersihkan dan disterilkan sebelum diperdagangkan. Ada beberapa macam diantaranya ditambah CO2 di dalamanya yang mana gunanya untuk mengawetkan dan menyegarkan.
Beberapa merk mineral water antara lain :
-          Perrier dan Evian (Perancis)
-          Aqua, Ades, Oasis, Vit, Sosro (Indonesia)

I.2                      Artificial Mineral Water
Adalah minuman yang dibuat mirip meniru sifat-sifat mineral water dan biasanya diberi bahan aroma-aroma tertentu, serta diawetkan dengan CO2. Minuman jenis ini lebih dikenal dengan nama soft drink.
Beberapa jenis artificial mineral water antara lain :
a.       Soda water
Minuman ini merupakan yang berbada macam yang lainnya.        
Bahannya air mineral dan CO2.
b.      Cola (Pepsi, Coca Cola dan RC Cola)
Bahannya air gula, chocolate caramel diawetkan dengan CO2
c.       Ginger Ale
d.      Tonic / quinine water
e.       Bitter lemon
f.       Lemonade
g.      Strawberry  
Jenis artificial mineral water ini selain diminum biasa berfungsi sebagai minuman capur atau mixing drink.

I.3                    Aromatic / Stimulating Water
Adalah minuman yang mempunyai aroma merangsang yang dapat mempengaruhi organ-organ ditubuh kita. Beberapa jenis aromatic / stimulating water :
a.       Coffee mengandung kafein misalnya black coffee atau regular coffee, Expresso, Ice coffee dll.
b.      Tea misalnya Hot tea, hot lemon tea, Chinese tea, Ice lemon tea dll.
c.       Chocolate misalnya : Hot chocolate, Ice chocolate.
d.      Milk, misalnya Hot milk, Ice milk.

I.4.         Juices
Adalah sari buah-buahan atau cairan yang diperoleh dengan memeras buah-buahan, juice yang biasanya disediakan di bar antara lain :
-    Orange juice
-    Pineapple juice
-    Lemon/Lime juice
-    Grape fruit juice
-    Guava juice
-    Sour sop juice
-    Manggao juice
-    Tomato juice
-    Apple juice, dll.
Juice biasanya terbagi dalam dua golongan yaitu : fresh juice dan non fresh juice.

  I.5.       Squash dan Cruzz
Jenis minuman ini adalah campuran dari soda water, juice dan kadang-kadang ditambah dengan gula yang dibuat di pabrik dan dibotolkan disebut Cruzz, sedangkan yang dibuat di bar biasanya disebut squash. Biasanya beberapa squash yang ada di bar :
-    Orange squash
-    Lemon squash
-    Lime squash

I.6.         Healthy Drink / Suplement Drink
Adalah minuman kesehatan yang dapat menambah daya tahan tubuh. Berepa merk yang biasanya di jual di bar :
-    Kratingdeng
-    Livovsan
-    M 150
-    Bachus Di

I.7.         Syrup
Adalah cairan kental / pekat berkadar gula yang sangat tinggi. Disediakan di bar untuk bahan membuat minuman campuran (mixing drink). Syrup yang biasa disediakan di bar antara lain :
-    Simple syrup
-    Vanila syrup
-    Grenadine syrup
-    Melon syrup
-    Strawberry syrup

II.          Alcoholic Beverage
Adalah semua minuman yang mengandung alcohol yang dapat diminum dengan batas kadar alcohol 75 % yang dinamakan dengan ethyl alcohol. Sedangkan yang tidak dapat diminum dinamakan etanol alcohol. Alcohol adalah cairan yang berwarna bening dan berbau ether yang diperoleh melalui proses fermentasi ada yang berbentuk cari dan ada pula yang dicairkan.
Minuman dapat diperoleh dengan dua proses diantaranya :
a.            Fermentasi
Peragian yaitu proses pemecahan gula dalam bentuk cair menjadi alcohol dan CO2 dengan bantuan ragi.

b.            Distilasi
penyulingan yaitu proses pemanasan dan pendinginan kembali dengan maksud untuk memperoleh kadar alcohol yang lebih tinggi.

Alcoholic beverage pada dasarnya terbagi dalam tiga jenis klasifikasi, berdasarkan kelompok jenis alcohol yang terkandung di dalam minuman terbagi antara lain :
a.       Beer
Adalah minuman beralkohol yang diperoleh dari hasil fermentasi malt, cereal dan hops. Bahan dasar beer :

-   Malt     :           seperas grant (gandum) yang sudah di tambahkan dan dikeringkan.
-   Cereal  :           yang digunakan adalah beras atau jagung.
-   Hops    :           yang diperlukan untuk beer adalah bunganya yang berwarna
hijau muda dari suatu tanaman yang merambat. Bunga ini panjangnya 21/22 cm dan terdiri dari daun-daun bunga yang mengelilingi suatu spindel. Pada spindel terdapat batu lupulane yang mana memberikan pada beer rasa pahit hops dan aroma hops yang karakteristik.
- Yeast (ragi)     :           adalah mikro organisme tunggal yang dapat merubahlarutan gula
menjadi alcohol dan zat asam barang.
 - Water (air)     :           89-90 % dari pada beer adalah air yang harus bersih dari
mineral dan garam. Air yang baik berasal dari pilsan, bohamma.
                                   
Komposisi dalam beer :
-         Air                               :           89 – 90 %
-         Alkohol                       :           4 – 7 %
-         Gula                            :           3 – 4 %
-         Protein                      :           0,4 – 0,5 %
-         Minera                      :           2 %
-         CO2                         :           0,4 – 0,5 %

Macam-macam beer
Merk – merk beer yang terkenal :
·         Indonesia                    :           Anker, Bintang, Bintang Gold.
·         Singapore                    :           Tiger, Anchot
·         Australia                     :           Foster, Swan VB, Classic.
·         Denmark                     :           Carlsberg, Tuborg.
·         Philipine                      :           Sanniquel Bahham
·         America                      :           Budwerser, Miller, Bahanumes, Michelob
·         Mexico                        :           Corona, Carta Blaaca, Terat Karveza.
·         Irlandia                       :           Guinneess.
·         Checoslovakia :           Pilsner, Urguell.
·         Belanda                       :           Heeineken, Amstel.
·         Francis                        :           Kronenberg.
·         China                          :           Suntau
·         Jepang             :           Kurn, Asaht, Suntory.

Beer dihidangkan dalam keadaan dingin, begitu juga gelas yang digunakan harus dingin. Temperature beer berkisar antara 4-6 Csuhu yang terbaik / enak diminum adalah 8 derajat celcius. Ada tiga cara pengepakan / penyimpanan kemasan beer : Barrel, Bottle, Can.

b.      Spirit
Adalah minuman beralkohol hasil distulasi. Spirit terbagi dalam dua golongan :

     Liquor   : Gin, Vodka, Rum Whisky, Brandy, Tequila, Aperitif, dan lain- lain.

 Liqueur : Under Propritaries dan General brand

Þ    GIN
Adalah minuman alcohol yang diperoleh dari hasil fermentasi dan distulasi ulang dari grain, herb, junifferberry. Berbeda dengan minuman-minuman lainnya yang tercipta karena adanya tradisi local dan keagamaan. Gin diketahui siapa penciptanya yaitu seorang dokter yang bernama Dr. Fransiscus de la boe atau yang lebih dikenal dengan nama Dr. Sylvius pada tahun 1650. Pada mulanya ia tidak bermaksud membuat suatu minuman beralkohol, tetapi ingin membuat obat yang mana pada saat itu belum diketemukan obat untuk mengobati penyakit ginjal. Berdasarkan pengetahuannya minyak dari juniferberry dapat digunakan untuk mengobati pengobatan, kemudian dia mencoba mencampur pure alcohol dengan junniferberry ternyata cukup ampuh untuk mengobati penyakit tersebut. Hasil ciptaannya ini disebut Genievre. Selanjutnya orang Belanda menyebutnya Genever dan lama kelamaan menjadi popular di Inggris pada tahun 1700 M dan orang menyebutnya Gin.
Bahan utama Gin :
a. Grain :    Barley, Ray, Corn.
b. Herbs (bumbu-bumbuan) :   Orange / lemon pel, Cardamen, Conander,
Bitter, Almond, angelic orns roots, carawy, seed, fennel, licorise, cassia bark, calamus root.
c. Junniferberries :    Pohon / tumbuhan yang diambil
minyaknya.
Keterangan :
Peel (kulit buah), Root (akar-akaran), Seeds (Biji-biijian), Bark (kulit kayu), Berries (minyak)

Ada tipe-tipe Gin :
a.            Dutch gin / Holland gin                     
               Ciri-cirinya :
               -           Rasanya lebih manis
               -           Mempunyai aroma yang keras
               -           Biasanya dihidangkan dingindan straight up.
               -           Orang Belanda sering kali menyebutnya dengan nama beer.
  
Berdasarkan umurnya ada dua macam Genever :
-      Jonge (Young) Genever                     
-      Oude (Old) Genever

Merk-merk Genever :
-      Bokma
-      Hoppe
-      Hultskamp
-      Meder
-      Bols
-      Claryn
-      Coeberg
-      Henkes

b.English gin / American gin
  Ciri-cirinya :               
-      Rasa lebih dry
-      Mempunyai aroma yang lunak / Laght bodred.
-    Bisa diminum straight up on the rocks atau dengan campuran, juga untuk minuman campuran.

Merk-merknya :
            -           Beefeater
            -           Gordan dry gin
            -           Tangueray
            -           Gilbeys
            -           Seeagrams Extra Dry Gin
            -           London Satin gin
            -           Bombay sapphire

Þ    VODKA
Pada mulanya Negara yang menghasilkan vodka adalah Rusia dan dibuatnya dengan bahan dasar kentang. Sekarang banyak Negara lain terutama Amerika membuat bahan dasar grain, dicampur dengan kentang. Kentang menghasilkan vodka yang lebih baik, tetapi grain dapat menghasilkan lebih banyak vodka dibandingkan dengan kentang walaupun jumlah yang dipakai sama banyaknya.
Beberapa merk Vodka :
-  Stohchnaya
-  Meskovkaya
-  Kropkaya
-  Zyma
-  Pertsovka
-  Belshoi
-  Berzoi
-  Smirnof (red, blue, silver, jahe)
-  Wolfschmiddt
-  Samavar
-  Absolut Vodka
Karena pada saat pembuatan vodka disaring dengan “charcoal” (arang kayu) dan tanpa dicampur dengan flavor apapun maka vodka mempunyai sifat-sifat :
-  Colorless (tidak berwarna)
-  Tasteless (tidak berasa)
-  Ordorless (tidak berbau)
Vodka dapat diminum straight up, on the rocks, ataupun dengan mixer (soft drink & juice) juga cocok untuk dibuat minuman campuran (cocktail).

Þ    RUM
Rum dibuat dari tebu (sugar cane). Tebu sebelumnya diproses menjadi gula sisa pembuatan gula tersebut adalah (kurang lebih 5% masih mengandung gula). Molases tersebutlah yang dibuat dengan jalan fermantasi dan distilasi.
Ada 4 macam gabungan rum :
-  Light rum                                :           very dry, light bodied rum.
-  Gold rum                                 :           medium bodied rum.
-  Dark rum                                 :           rich, full bodied rum
-  Aromatic rum              :           pungently aromatic
Negara-negara penghasil rum yang terkenal kebanyakan berada di daerah  Caribia hingga Amerika latin. Rum sangat luwes untuk dibuat mixed drink atau flavoring makanan, terutama pastries (kue-kue)
Merk-merk rum :
-  Bacardh
-  Captain morgan
-  Negrita
-  Don-Q
-  Lemon hart
-  Carioca
-  Myers
-  Ron rico
-  Gold Coaster

Þ    WHISKY
Ejaan Amerika   :           Whiskey
Ejaan British      :           Whisky

Asal kaya whisky adalah bahasa Irish Gache, dari bahasa Scot Gache (Visge), kedua-duanya berarti “water of life”. Pada dasarnya proses pembuatan whisky melalui beberapa tahap seperti :
- Malting         :           Barkey dikecambahkan kemudian dikeringkan
- Mashing        :           Malt dihancurkan / dibuat tepung
- Fenneating    :           Tepung barley (malt) diberi ragi (proses
                                    fermentasi)
  -  Distiling        :           Hasil fermentasi di distilasi menghasilkan
                                  cairan beralkohol yang bening.
-  Maturing blending      :           Pemberian warna dan bumbu-bumbu lainnya.
-  Aging                          :           Penyimpanan dipotong kayu oak untuk jangka
                                                   waktu tertentu.
  -   Boltling       :           Pembetolan.
                                                           
  Negara – Negara penghasil Whsiky yang terkenal
     a.        SCOTCHLANDIA(Scotch Whisky)

    -           Johnie Walker (red, black, goldm blue label)
    -           Chivas regal 12 years
    -           Chivas royal statue 21 years
    -           Glenfiddich
    -           Glenlives
    -           Ballantines
    -           J & B (Justerin & Brook)
    -           Cutty sark
    -           Black & white
    -           Dewars White label
    -           Vat 69
    -           Passport
    -           Long Jhon
    -           King George
    -           White Horse
    -           Bell’s
    -           Grant’s
    -           Teacher’s Campbell
    -           High land
    -           Dimple
                                                                       
Scotch whisky ada yang regular dan ada yang premium, yang premium
kwalitasnya lebih bagus. Contoh premium whisky :
a.     Dample
b.     Chivas regal
c.     Jhonny Walker Black Label
d.    Jhonny Walker swing

Kalau dilihat dari bahannya scotch whisky terbagi menjadi dua macam yaitu :
a.     Matl whisky
dibuat dengan cara “The old fashioned pot” dari malted barley (jawawut) rasanya kurang begitu enak, penuh aroma dan harganya mahal.
b.     Grain whisky
dibuat dengan cara Caffey patent method dengan bahan-bahan : Maiza, Ots, rye, dan malted barley. Mempunyai sedikit aroma sifatnya lebih koersia dan proses pembuatanya lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Grain whisky ini umumnya dicampur dengan malt whiskey yaitu yang disebut Blended scotch itu di pasaran kita sering menjumpai scotch whiskey yang disebut  “Blended scotch whickky), sebetulnya aroma scotch whisky itu di dapat dari campuran malt whisky, pure malt whisky adalah Glanfieddich.
                               
b.         AMERICAN (American Whisky/bourbon whisky)
Disebut juga bourbon whiskey karena pertama kalinya di buat di distrik, di Bourbon, di Kentucky America dari tepung jagung (maizena).
Merk-merknya :          
         -           Jeam Beam
         -           Antique
         -           I. W Harper
         -           Old Grand Dad
         -           Jack Daniels
         -           Wild turkey
         -           Old crow
         -           Old Forester
         -           Henry Mc Kenna
         -           Font Rosca
        
 c.         CANADA (Canadian whisky)
Sering disebut rye whiskey karena bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah rye (gandum). Merk-merk nya :
                                                                       
 -           Canadian Club
 -           Black velvet
 -           Schenley Old
 -           Seagram VO
 -           Seagram Crown Royal                       

 d.         IRLANDIA (Irish Whiskey)
                                                                       
 -           John Jameson
 -           Old Bushmills
 -           John Power
-           Tullamordew
e.         JEPANG (Japanese whisky)&  AUTRALIA (Australian whisky)

Jepang merk-merknya :
-           Suntory
-           Nikka
                                                                       
Australia merek-merknya :
-           Four seasons
-           Glencor
-           Corlo

Þ    BRANDY, COGNAC & ARMANAC
Brandy adalah minuman beralkohol yang dibuat melalui proses hasil buah anggur (grape)
Cognac adalah nama dagang yang dimonopoli untuk Brandy yang dihasilkan di daerah cognac dekat sungai Charentes, Perancis.
Armanac adalah Brandy yang dihasilkan didaerah armanacm di Perancis.

Jadi brandy, cognac dan Armanac pada dasarnya adalah sama yaitu sama-sama brandy Cuma dalam hal ini selain kedua daerah itu (Cognac dan Armanac) jadi semua cognac dan Armanacadalah brandy tetapi Brandy belum tentu Cognac dan Armanac.
Kata brandy berasal dari kata “BRANDEWIJN” dari bahasa Belanda yang berarti BURNED WINE ( wine yang dibakar). Kadar alcohol berkisar 40-50 %. Yang membuat Cognac terbaik diantara semua Brandy karena tanah, keadaan cuaca, sedangkan Armanac lebih keras aroma bahan dan tanahnya (Earther flavor). Cara menghidangkan Brandy yang terbaik adalah dengan cara memanaskan gelasnya terlebih dahulu. Gelas yang digunakan adalah Brandy snifter.
Pada label Brandy / Cognac biasanya tertulis tanda-tanda atau kata-kata yang menyatakan umur dari Brandy di botol itu :
*                      one star (3 tahun)
**                    two star (4 tahun)
***                  three star (5 tahun)
VS                   very superior (7-12 tahun)
VSO                very superior (12-17 tahun)
VSOP              very superior pale (25-40 tahun)
XO                  extra old (40-60 tahun)

Merk-merk Brandy :
-  Beehive
-  Terry Brandy
-  Osborn
-  Seguin Napoleon
-  Lejon
-  Operto (Portugal)
-  Pico (Peru)
-  Stock (Italy)
-  St. Thomas (Aussie)
-  Asbach Uralt (German)

Merk-merk Cognac :
-  Baron Otard
-  Martell (VS, 3 *, VSOP Madathon, Cordon Blue, XO Superior)
-  Hennessy (XO, VS, VSOP)
-  Remy Martin (VSOP)
-  Camus (XO, Grand VSOP)
-  Courvoisier
-  Bisquit du Bouche
-  Hine

Merk-merk Armanac :
-  Tipane
-  St. Vivant Armanac
Jeanmean Fine Napoleon Armanac.

Fruit Brandy
Brandy yang dihasilkan dari selain buah anggur. Ada tiga golongan fruit brandy :
1.            Yang dibuat dari buah berdaging (Apple & Pear)
2.            Yang dibuat dari buah yang berbiji (Cherry, Plums & Apricot)
3.            Yang dibuat dari buah kecil-kecil yang bergerombol (Berries) misalnya
Raspberries, Strawberries, Blackberries, Elderberries.

Merk-merknya :
-  Dari buah Apple : Apple brandy, Apple Jack, Calvadas.
-  Dari buah apricot : Apricot brandy.
-  Dari buah cherry : Kusch, Kurschwasser.
-  Dari buah Pear : Pear brandy, Potte Williams.
-  Dari buah strawberry : Frase, dll.

Þ    TEQUILA
Sebelum orang-orang Spanyol datang ke Amerika pada awal abad ke 16, bangsa Aztec telah membuat minuman seperti wine yang disebut Pulque yang dibuat dari agave (sejenis kaktus) jenis maquey. Tanaman ini jika sudah cukup besar dipotong daun-daunnya tinggallah bonggol (pangkal batangnya) yang menyerap nasan yang besar. Batang agave ini diperas dan diambol getahnya. Getah itulah yang difermentasikan hingga menghasilkan minuman yang disebut pulque. Pulque ini kemudian di distilasi hadilnya disebut maquey brandy atau Vino miscal. Vino miscal yang terbaik berasal dari kota Tequila di Negara Mexico. Selanjutnya minuman tersebut sekrang dikenal dengan nama Tequila. Biasanya meminum Tequila disertai garam dan lime untuk menghilangkan rasa getir dari getah agave tersebut.
Menurut warnanya Tequila terbagi menjadi 2 (dua) :
1.            Tequila Gold
2.            Tequila Light

Merk-merknya :
-  Marachi
-  Jose Queryo
-  Conguistador
-  Anejo
-  Olmecca
-  Loz Ruiz
-  Ole
-  Pancho
-  Camino

Þ    LIQUEUR
Adalah minuman beralkohol yang rasanya manis dibuat dengan cara penggabungan spirit gula dan flavouring.
Spirit yang digunakan                :           bisa brandy, Gin, whisky, Rum dan lain-lain.
Gula yang digunakan                 :           minuman 21/2 % dari jumlah beratnya yang
digunakan antara lain ; beer, maple, sugar cane, honey dan lain-lain.
Flavouring                                                          :           fruits (buah) flowers (bunga), barks (kulit
kayu), Roots (akar), seeds (biji-bijian), peels (kulit buah-buahan) dan lain-lain.
Liqueur adalah sebutan untuk yang diproduksi di Eropa sedangkan produksi America biasanya disebut Cordial. Liqueur biasanya diminum sesudah makan untuk mengiringi dessert atau coffee (after dinner drinks). Liqueur bisa dihidangkan straight up, on the rocks, ataupun dicampur dengan drink atau juice juga sebagai cocktail. Liqueur sering juga digunakan untuk flavouring makanan, biasanya dessert, cake.
Pabrik-pabrik yang terkenal antara lain :
-  Marrie Brizard
-  Bols
-  DC Kuyper
-  Dolfi
-  Cusinier
-  Regneir, dan lain-lain.
Karena banyaknya pabrik dan banyaknya jenis/macam liqueur, maka sering dijumpai suatu liqueur yang sama macamnya atau flavournya tetapi memiliki nama yang berbeda.
Merk-merk liqueur :
-  Coffee liqueur
Kahloa (Mexico), white coffee flavour Tia Maria (Jamaica) white coffee flav.
-  Curacao
Liqueur dengan flavour orange yang tumbuh di pulao Curocao, kepulauan Antillen, West Indies yaitu orange curacao, blue curacao, green curacao.
-  Grand marmer
Flavour orange dari basic champagne cognac yang bagus kwalitetnya buatan Prancis.
-  Contrean
   Flavour orange dibuat oleh contreau sart angers, France.
-  Triple Sec
   Flavour orange tiruan dari contrean
-  Crème de Cacao
   Dibuat dengan flavour cognac dengan vanilla, brown and white.
-  Crème de menthe
Flavour bermacam-macam mint (pepper mint, freezomint, (green dan white)
-  Bailyes
   Irish whisky + irish cream.
-  Dom Benedictine
Flavour herbs, dibuat oleh para biarawan gereja orde benedite oleh seorang padri M. Alexander le brand di fecamp, Normandy Francis.DOM : Den Optimo Maximo artinya To God, Most Good, Most Great.
-  Drambuie
   Scotch whisky ditambah flavour honey dibuat di Scotlandia.
-  Peter Heering
Cherry liqueur buatan flavour Heering dari Compenhagen Denmark. Merupakan cherry liqueur terbaik.
-  Cherry Brandy
   Dibuat dari brandy ditambah flavour cherry.
-  Galliano
Liqueur dari Italy dengan flavour herb, vanilla, roots, dan flower, nama Galliano diambil dari nama pahlawan di Italy.
-  Sambuca
   Liqueur dengan flavour liqorice, anise.
-  Irish mist
   Irish whisky + flavour herbs and honey.
-  Anisette
   Flavour star anisse
-  Advocat
   Brandy + flavour + egg + sugar
-  Amareto
   Flavour almond

-  Southern Comfort
   Bourborn whisky + flavour peach
-  Peach brandy
   Brandy + flavour peach
-  Apricot brandy
   Flour apricot
-  Crème de eassis
   Flavour black currant
-  Crème de banana
   Flavour banana
-  Maraschino
   Flavour black maraca cherries
-  Kirsch Liqueur
   Flavour kirsch (cherry)
-  Crème de fraise
   Flavour strawberry     
-  Midori
   Flavour melon

-  Sloe gin
   Gin + flavour sloeberries
-  Frangelico
   Flavours cashew nut

Þ    WINES
Adalah minuman beralkohol hasil dari fermentasi sari buah anggur (grape) yang masak dan dibuat sesuai dengan tradisi dan cara-cara local dimana wina tersebut dihasilkan.
Penggolongan wine :
1.            Natural Wine / Table Wine
Wine yang merupakan hasil fermentasi langsung dari sari buah anggur (grape juice). Kadar alcohol 10-12 %. Ada tiga natural wine / table wine menurut warnanya :
a.     White wine
Dibuat dari white grape ataupun black grape, asalkan grape juicenya saja yang difermentasikan tidak berikut kulitnya. Dihidangkan dalam keadaan dingin (7-10 derajat celcius) begitupun gelas yang digunakan.
b.     Red wine
Berwarna merah kecoklatan dibuat dari red grape dan difermentasi bersama-sama kulitnya sekaligus sehingga warna gelap dari kulit grape tersebut terserap olehnya. Dihidangkan pada room temperature yaitu sekitar 18 derajat C.
c.     Rose wine
Berwarna pink (merah muda) warna ini diperolah dengan cara mengikut sertakan kulit red grape pada waktu fermentasi berlangsung tapi hanya beberapa jam saja. Kemudian setelah mendapat warna merah seperti yang digunakan maka kulit red grape tersebut diangkt dan fermentasi berlangsung tanpa grape itu. Dihidangkan dalam keadaan dingin (7-10 derajat C) begitupun gelas yang digunakan.

2.            Aromatized Wine
Adalah wine yang dicampur dengan atau diberi aroma / flavour akar-akaran, jamu-jamuan, daun-daunan, atau bumbu-bumbuan (herb) lainnya. Jenis ini sering disebut dengan Vermouth. Merk-merk : Martini (dry, rosso, bianco), moilly prat, einzano, dan lain-lain.

3.            Fortified Wine
Adalah wine yang kadaar alkoholnya dimainkan atau ditambah dengan proses kimia yaitu ditambah dengan brandy. Kadar alkoholnya 16-21 %
               Jenis-jenis fortified wine :
               -           Sherry              Spanyol
               -           Port                             Portugal
               -           Madeira                       Portugal
               -           Malaga                        Spanyol
               -           Marsala                        Italia

4.            Sparkling wine / champagne
Adalah wine hadil fermentasi berganda (2x) refermentasi, dari white wine. Dikatakan demikian karena hamper semua sparkling wine dibuat dari white wine, tapi ingat ada juga yang bukan dari white wine. Kadar alkoholnya sekitar 14 % mengandung Co2. Di perancis ada suatu daerah yang bernama “champagne” daerah ini menghasilkan grape yang sangat bagus untuk membuat sparkling wine yang dihasilkannya diberi label (namadagang) champagne dan sparkling wine dari daerah lain tidak boleh disebut champagne, meskipun kini banyak daerah dan Negara lain yang menuliskan label champagne untuk hasil produksi.
Sparkling wine ditemukan secara tidak sengaja /kebetulan oleh seorang monk (pendeta) yang bernama Dom Prignon. Dengan tidak sengaja ia meragikan untuk kedua kalinya wine yang sudah jadi. Selanjutnya proses tersebut diselidiki dan disempurnakannya. Hingga sekarang sparkling wine yang terbagus adalah champagne dan champagne yang terbagus adalah merk Dom Perignon.
Pada champagne jenis rasanya adalah sebagai berikut (tertera di label botol) :
-      Brut or nature                  :           very-very dry (kadar gula ½ - 11.2 %)
-      Extra See                         :           extra dry (kadar gula ½ - 3 %)
-      Sex or dry                                    :           medium dry (kadar gula 3 – 5 %)
-      Demi see                          :           quite sweet (kadar gula 5-7 %)
-      Doux                                :           very sweet (kadar gula 7 % lebih)


Beberapa merk champagne yang terkenal :
-      Dom Perignon
-      Charles Heidsick
-      Pol Roger
-      Laurent Perrier
Sparkling wine dihidangkan dalam keadaan dingin pada suhu 4-7 derajat C.


MIX DRINK

Adalah minuman campuran yang terdiri dari satu atau lebih minuman berakohol dengan juice, gula, susu, garam dan sebagainya.
Menurut wujudnya, ada 2 golongan mixed drink yaitu :
  1. COCTAIL
Mixed drink ini dihidangkan didalam gelas cocktail, kadang-kadang juga dihidangkan dalam Old Fashioned glass, Champagne glass, Sour glass dan lain-lain.
Ada dua macam type cocktail yaitu :
-           Aromatic Type            :           yang menggunakan aromatic type atau bitter.
-           Sour Type                   :           yang menggunakan citrus juice.

  1. HIGHBALL
Dihidangkan dalam highball glass. Highball adalah campuran dari liquor + soft drink misalnya Cola, Vidka cola, Gin tonic dan lain-lain.

  1. OTHER MIXED DRINK
Golongan mixed drink ini bermacam-macam jenis dan variasinya. Bahannya mirip dengan cocktail beberapa diantaranya ada yang ditambah dengan soft drink. Banyak orang yang menyebut golongan ini dengan long drink atau coolers.

Beberapa jenis diantaranya adalah :
a.         Collins
Minuman ini terbuat dari liquor/lime/lemon jc, gula dan soda water dihidangkan dalam gelas collins misalnya Tom Collins.
b.        Sling
Minuman ini terbuat dari liquor/lime/lemon jc, gula/syrup dan soda water dihidangkan dalam gelas Collins misalnya Singapore Sling.
c.         Fizz
Dibuat dari liquor/lime/lemon jc, gula dan soda water, telur dan sedikit susu dihidangkan dalam highball atau collins glass misalnya Gin Fizz.
d.        Eggnog
Dibuat dari liquor, liqueur, susu, telur dan syrup dihidangkan dalam highball glass. Minuman ini populer diminum pada saat natal atau tahun baru (traditional drink), misalnya Brandy Eggnog.

Beberapa istilah di dalam penghidangan minuman :
1.        On the Rocks
Menghidangkan minuman dengan es, dalam old fashion glass. Bila dihidangkan dalam gelas lain sering disebut “with ice”
2.        Straight Up/Neat
Menghidangkan minuman tanpa es, tanpa dicampur apa-apa.
3.        Flambee
Menghidangkan minuman dengan membakar gelasnya terlebih dahulu. Biasanya Brandy/Cognac dan shooter dihidangkan dengan cara ini.
4.        Liqueur
Menghidangkan minuman dengan shaved ice didalam steamed glass biasanya champagne sauce atau cocktail glass. Minuman yang dihidangan dengan cara ini adalah liqueur.
5.        Mist
Menghidangkan minuman dengan shaved ice ke dalam old fashioned glass.
6.        Hot Drink
Minuman yang terdiri dari sprit + coffee.
7.        Long drink
Minuman dimana alcohol dan non alcoholnya di mix dan cenderung lebih banyak non alcoholnya biasanya long drink ini dibuat untuk porsi yang banyak. Contoh : long island, Singapore sling, Gin Fizz, dan lain-lain.

Beberapa macam bentuk ice :
1.        Ice Cube
Es yang berbentuk kubus/dadu yang dihasilkan dari ice maker machine.
2.        Cracked Ice
Es yang dipotong kecil-kecil, kurang lebih sebesar cube ice, dibuat dengan memecah/memotong es balok yang besar.
3.        Crushed Ice
Es yang dipecahkan menjadi kecil-kecil (dari cube ice) kurang lebih sebesar kacang atau jagung.
4.        Shaved Ice
Es yang ditumbuk halus/es serut.



METHODE MIXING DRINK

DIRECT PREPARING
1.      Ambil gelas yang diperlukan, isi ice cube secukupnya kemudian letakkan diatas counter.
2.      Ambil minuman yang diperlukan dan tuangkan ke dalam gelas dengan menggunakan jigger.
3.      Tambahkan soft drink yang diperlukan.
4.      Tambahkan garnish, straw, dan stirrer jika diperlukan.
5.      Hidangkan kepada tamu.

INDIRECT PREPARING
1.      Ambil gelas yang diperlukan, letakkan di atas counter.
2.      Ambil blender dan isi dengan shaved ice.
3.      Ambil minuman yang diperlukan dan tuang ke dalam blender.
4.      Hidupkan blender mulai dari pelan sampai cepat kemudian matikan.
5.      Tuang ke dalam gelas dan tambahkan straw, garnish, stirrer bila diperlukan.
6.      Hidangkan kepada tamu.

SHAKING
1.      Ambil gelas yang diperlukan letakkan di atas counter.
2.      Ambil shaker, isi dengan ice cube dan letakkan di atas counter.
3.      Tuangkan minuman ke dalam shaker.
4.      Tutup shaker tersebut, kocok baik-baik, jangan terlalu lama atau terlalu cepat.
5.      Buka bagian tutup shaker dan tuangkan minuman ke dalam gelas.
6.      Tambahkan garnish, straw, stirrer bila diperlukan.
7.      Hidangkan kepada tamu.

STIRRING
1.      Ambil gelas yang diperlukan letakkan di atas counter.
2.      Ambil mixing glass, isi dengan cube, dan taruh diatas counter.
3.      Ambil minuman yang diperlukan dan tuangkan ke mixing glass.
4.      Aduk minuman tersebut, jangan terlalu lama atau cepat.
5.      Ambil strainer dan tutupkan diatas mixing glass.
6.      Tuang minuman ke dalam gelas yang sudah disiapkan.
7.      Tambahkan garnish, straw, stirrer bila diperlukan.
8.      Hidangkan kepada tamu.

         

                                                            BAR EQUIPMENT

Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, sebuah bar harus dilengkapi dengan peralatan-peralatan secukupnya baik peralatan untuk membuat minuman campuran ataupun peralatan untuk kegiatan operation. Peralatan bartender yang biasanya digunaka/ berada didalam Bar Equipment/bar tools/Bar utensils.Bar Equipment terbagi enam (6) bagian besar yaitu :

I. Silver Ware : Peralatan yang terbuat dari logam/stainless.
a.  Shaker : Alat untuk mgocok minuman campuran Shaker terbagi 2 yaitu Boston
      Shaker dan Standar Shaker.
b.  Blender : Alat untuk membuat minuman khususnya juice, dimana blender tersebut menghancurkan buah dan es batu.
c.  Long Bar Spoon : Sendok panjang untuk mengaduk minuman
d. Sring Cocktail Straimer : Saringan cocktail berbentuk spiral, untuk menyaring minuman yang tidak memerlukan es batu.
e.  Bar Knife : Pisau bar untuk memotong buah dan membuat garnish.
f.   Bottle Opener : Alat pembuka botol
g.  Can Opener : Alat pembuka kaleng
h.  Wine Opener : Alat pembuka wine.
i.    Wine Cooler & Standing : Alat untuk mendinginkan botol wine atau champagne pada saat disajikan ke tamu.
j.    Ice Bucket  : Tempat es untuk tamu yang menginginkan es lebih atau tamu yang membeli minuman botolan, ice buckets berupa termos es kecil yang diletakkan diatas meja tamu.
k.  Ice Tongs : Alat untuk memanaskan gelas brandy.
l.    Wine Basket ; Keranjang untuk red wine, podka saat akan dihidangkan ke tamu.
m.    Champagne Stop-per : Alat untuk menutup botol champagne yang sudah dibuka.
n.  Juice Squizzer : Alat untuk memeras buah-buahan, untuk mendapatkan sarinya.
o.  Jigger  : Alat untuk mengukur minuman yang paling tepat.
p.  Liquidizer : Alat untuk mengaduk minuman tetapi tidaj menghancurkan es batu.
q.  Ice Crushed Machine : Alat untuk membuat es jenis crushed(kecil-kecil halus).
r.   Ice Cube Machine : Alat untuk membuat es jenis cube(kubus)
s.   Coffe Maker/Machine : Alat untuk membuat kopi jadi.
t.   Coffe Grinder : Alat untuk menggiling kopi hingga menjadi bubuk.
u.  Glass Washing Machine ; Alat untuk mencuci gelas yang dilengkapi dengan beberapa sikat putar.
v.  Draught Beer Dis[enser : Alat untuk mengeluarkan beer draught dari dalam tong/barrel.

II. Wood /Plastic Ware : Peralatan yang terbuat dari plastik & kayu.
a.  Funnel : corong
b.  Brush : sikat untuk mencuci botol.
c.  Speed por/pourer/Bottle Top Pourer : Alat untuk mengeluarkan minuman dalam botol agar lebih cepat dan efisien serta lebih rapi.
d. Cutting Board : Telenan tatakan untuk memotong buah-buahn
e.  Ice Scoop : Sendok es untuk menyendok/ mengambil es batu.
f.   Round Tray : Nampan berbentuk bulat
g.  Smasher : Pemikul
h.  Juice Container : Tempat untuk menaruh juice yang sudah dibuka dari tempatnya.
i.    Muddler : Penggerus
j.    Glass Mats : Tatakan gelas yang terbuat dari karet/plastik
k.  Floor Mats : Tatakan untuk lantai agar tidak licin dan menghindari barang-barang yang jatuh agar tidak pecah

III. China Ware : Peralatan yang terbuat dari keramik
a.  Creamer : Tempat untuk ice cream
b.  Sugar Bowl : Tempat gula berbentuk mangkuk
c.  Sugar Box : Tempat gula berbentuk kotak
d. Salt/peper shaker : Tempat lada dan garam
e.  Tea pot : Teko untuk tempat teh

IV. Glass Ware : Macam-macam gelas yang digunakan di bar, dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a.  Tumbler Glass/Bottom Glass
b.  Steamed Glass

a.  Tumbler Glass/Bottom Glass
      Adalah gelas yang berbentuk silinder/ gelas yang mempunyai dasar yang tebal antara lain :
§ Shot Glas
§ Old Fashioned (single&double)
§ Juice Glass
§ Highball Glass
§ Beer Mug
§ Beer Pitcher
§ Water Pither
§ Collins
§ Zombie
§ Mixing Glass
§ Decanter
§ Carafe
b.  Steamed Glass
      Adalah gelas yang mempunyai kaki (berkaki) antara lain :
§ Liqueur Glass
§ Sour
§ Brandy Smifter/Brandy baloon
§ Red wine
§ Champagne Soucer
§ Champagne Tulip
§ Squall
§ Poco Grade
§ Water Goblet
§ Foulet Mug
§ Coctail
§ Fountet Pilsner
§ White wine
§ Champagne Flute
§ Irish Coffe Glass
§ Hurricane
§ Coupete Margarita

V. Material & Supplies
     Adalah peralatan/perlengkapan tambahan yang digunakan untuk service ke tamu/ kelancaran operation, seperti :
§ Stimer /pengaduk
§ Paper Napkin/Cocktail Napkin
§ Straw/pipet
§ Cover Bill
§ Tooth Pick
§ Cocktai; Pick
§ Matches
§ Coaster

VI Stationary : Alat-alat tulis/ alat-alat kantor
§ Drink List
§ Song Request
§ Punch Peiforator
§ Paper Clip
§ Pencil, Balpoint
§ Maps
§ Marker
§ Ten Card
§ Captain order
§ Stapler
§ Tip EX
§ Eraser
§ Book
§ Isolatape

                                         


BAR GLASSES

1
Straight glass
1 ½-2 Oz
Untuk minuman straight
2
Cocktail glass
3-4 Oz
Untuk minuman cocktail
3
Aperitif glass
-40 Oz
Untuk minuman aperitif straight
4
Sour glass
3-4 Oz
Untuk minuman sour & double aperitif
5
White wine glass
5-6 Oz
Untuk white wne dan rose wine
6
Red wine glass
7-8 Oz
Untuk semua red wine
7
Parfrit glass
7-8 Oz
Untuk double sour 8 wish coffe
8
Old fashioned glass
5-6 Oz
Untuk on the rock & long drink
9
Liqueur/cardinal
1 ½- 2 ½ Oz
Untuk liquer straight
10
Hi Ball glass
8-10 Oz
Untuk hiball drink
11
Collin glass
12-14 Oz
Untuk long drink
12
Zombie glass
14-16 Oz
Untuk long drink
13
Brandy
Sangat bervariasi
Unmtuk brandy cognac dan Amanae
14
Juice glass
5-6 Oz
Untuk juice
15
Beer Mug glass
12 Oz
Untuk beer/draught beer
16
Champagne glass
4-5 Oz
Untuk champagne dan frappes
17
Pilsener
12 Oz
Untuk beer
18
Water
Bervariasi
Tempat untuk serve hiball drink
19
Water pitcher
Untuk server beer atau untuk tempat air

BAR SPICES :

Lea & Perrins Sauce, Tobaco, Angesture, Nutneg, Cloves, Cinnamon Stick, Salt & Peper, Brown Sugar, Cube Sugar, White Sugar, Whipped Cream, Eggs

Garniture :

Olive, Maraschino Cherries, Stice Lime, Round Sliced Lime, Round Sliced Orange, Half Sliced Orange, Flower, Lemon Peel, Oranmge Peel

MINUMAN YANG HARUS DIDINGINKAN
1.  Juice
2.  Beer
3.  Soft Drink
4.  White Wine
5.  Rose Wine
6.  Champagne
7.  Dobounct
8.  Genever
9.  Vermounth
10.    Brem/Rice Wine
11.    Arak/ Rice Spirit
12.    Tuak legen /Wine of palm tree
13.    Putao

GELAS-GELAS YANG HARUS DIDINGINKAN

1.  Cocktail glass
2.  Sebagian aperitif glass
3.  Sour glass
4.  White Wine glass
5.  Sebagian Parfait glass
6.  Sebagian hiball glass
7.  Juice glass
8.  Beer glass
9.  Champagne glass
10 Sebagian Cocktail glass
11.Pilsener glass
12 Old Fashioned glass

           

BEBERAPA RESEP COCKTAIL DENGAN UKURAN DASAR OUNCES (OZ)

COCKTAIL
INGREDIENT
PREPARATION
GARNISH
GLASS
BACARDI
1 ¼ Oz Bacardi White
½ Oz Lemon Juice
1/5 Oz Rose Sirup
Shaked

Cocktail

Cocktail
DAIQUIRI
1 ¼ Oz White Ram
½ Oz Lemon Juice
1/5 Oz simple sirup
Shaked
slicedline
Cocktail
CIMLET
1 ¼ Oz Cin
½ Oz Lime Juice
Stired
slicedline
Cocktail
VODKA GIMLET
1 ¼ Vodka
½ Oz Lime Juice
Stired
slicedline
Cocktai
MANHATTAN
1 ¼ Rye/Bourbon
¼ oz Red
Vermouth
Stired
Cherry
Cocktai
MARTINI
2 Oz Gin
1 Bar spoon dry-vermouth
Stired
Olive
Cocktai
GIBSON
2 Oz Gin
1 Bar spoon dry-vermouth
Stired
Onion
Cocktail
OLD FASHIONED
1 ¼ Oz bourbon
Drops simple sit up lemon
Direct into glass
Orange
Cherry
WHISKY SOUR
1 ¼ Oz bourbon
¼ Oz lemon Juice
1/6 Oz simple sirup
Shaked
Cherry
Sour glass
NEGRONI
1 Oz Gin
½ Oz Lemon Juice
½ Oz Campari Soda
Direct into glass
Lemon Peel
Hi Ball
AMERICANO
1 Oz Campari
1 Oz Cinzano Soda
Direct into glass
Lemon Peel
Hi Ball
PINK LADY
1 ¼ Oz Gin
½
Oz Lemon Juice
¼ Oz Rose syrup
1 Egg White
Shaked

Sour glass
BRANDY FLIP
1 ¼ Oz Brandy
½ Oz crème de cacao
½ Oz cream
1 Fresh Egg
Shaked

Champ glass
SIDE CAR
1 ¼ Oz Brandy
½ Oz Cointreau
½ oz Lemon Juice
Shaked

Cocktail
MARGARITA
1 Oz /25 Ml tegmila
½ Oz/12,5 mL triple sec
1 Oz/25 Ml Lime Juice
Shaked


BRANDY AEXANDER
1 ¼ Oz Brandy
½ Oz Crème de cacao
½ Oz Cream
Shaked

Champ glaa
GRASSHOPPER
¼ Green Crem Menthe
¼ White cream de cacao
¾ Oz Cream
Shaked

Cocktail
STINGER
1 1/43Oz Brandy
½ Oz White Dr D Menthe
Shaked

Cocktail
CHAMPAGNE COCKTAIL
3 Oz Champagne
1 Augar cube
3 Drops Angustura
1 sliced lemon


Champ
IRISH COFFE
1 ¼ Oz Irish wishky
1 tea spoon sugar
Hot Coffee
Whipped Cream


Irish Coffe glass
RASTY NAIL
1 ¼ oz Scotch Whisky
½ Oz Drambuie


Old Fashioned
PLENTERS PUNCH
1 ¼ Dark Rum
½ Oz Curacao Orange
½ Oz Lemon Juice
½ orange juice
½ Oz Pineapple Juice
1/3 Oz Simple Syrup
Shaked
Cherry Orange
Tall Glass
COMCOLLIN
1 ¼ Oz Gin
½ Oz Lemon Juice
1/3 Oz Simple Syrup
Soda

Cherry
Tall Glass
SINGAPORE SLING
1 ¼ Oz Gin
½ Oz Cherry
Heering
½ Oz Lemon Juice
1/3 oz simple syrup
Soda
Stired
Cherry
Tall Glass
JOHN COLLINS
1 ¼ Oz whisky
½ Oz Lemon Juice
1/3 Oz Simple Syrup
Soda
Stired
Cherry
Tall Glass
VODKA COLLINS
Sama dengan John Collins hanya whiskynya diganti dengan vodka.
ZOMBI
Sama dengan Planters Punch hanya Rumnya dipakai 3 macam Rum ( White Rum, Gold Rum, Dark Rum)


13 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. silahkan tinggalkan link anda atau email anda di sini...
    sekali lagi terima kasih telah mampir ke blag saya..

    ReplyDelete
  3. itu METHODE MIXING DRINK kurang dua mas
    di blend sama flamimg hehehehhehehee

    ReplyDelete
  4. Bagus banget, berguna 👏🏼👏🏼

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali, tapi, sangking bagusnya, sakit kepala bacanya... Terlalu complete untuk pembahasan yang saya temukan d internet baru ini. 😂😂Thanks.

    ReplyDelete
  6. Kalo saya ada keepingan di bar nih gan. Trus saya mau buka keepingan itu gimana tuh gan. Saya bayar lagi ato gimana

    ReplyDelete
  7. mohon maaf sebelumnya mas, kalo pas penjelasan gelas ditambah gambar kayanya lebih menarik :) apalagi untuk saya yang blm begitu paham bentuk2 gelas hehe terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  8. Kalau bisa artikelnya di sertai dengan buku rujukan ataudaftarpustaka akan lebih okay

    ReplyDelete